Vampire Academy – Richelle Mead

Oke, aku akan memulai review buku-bukuku dari novel yg menjungkir balikkan duniaku tahun ini (lebay yah? Hehehe). Hhmm… kehadiran novel ini cukup membuat hentakkan besar dan memalingkan kecintaanku akan RAIN sampai-sampai aku tidak begitu perduli pada konser pertamanya di Jakarta Desember ini (lebih lanjut nanti aku bahas diblog deh).

Novel ini bercerita tentang Vampire, hmm.. mungkin akan banyak yg membandingkan dgn novel-novel Vampire yg selama ini beredar salah satunya pasti TWILIGHT SAGA yg booming di pasaran maupun movienya yg walaupun banyak di bilang garing tetap saja dinanti. Boleh dikatakan VA ini sangat berbeda dgn TW saga, bahkan dgn senang hati aku katakana VA 10X lebih baik dari pada TW. Tapi disini aku tidak akan membandingkan VA dgn TW, nanti aku akan buat review tersendiri tentang Twilight saga.

Sebelumnya mungkin harus dijelaskan mengenai istilah-istilah dalam VA ini

Moroi mereka adalah vampire yg tidak kekal, dalam artian bisa mati karena usia atau sakit seperti manusia pada umumnya. Moroi hidup dengan meminum darah, tapi pada prosesnya dia tidak akan meminum darah manusia sampai manusia itu meninggal. Moroi kebal terhadap matahari, bahkan silver sekalipun. Moroi menguasai element dan pada segelintir moroi mereka bisa mengendalikan spirit. Secara fisik moroi wanita maupun laki-laki mempunyai badan seperti model dan keanggunan yg mendarah daging, Moroi mempunyai 12 royal family dan di luar itu di sebut sbg non-royal.

Strigoi adalah mereka yg kekal dan tdk bisa dibunuh selain dgn silver yg di tancapkan di jantungnya atau dibakar, dia jg tdk kebal terhadap matahari. Strigoi tidak bisa menguasai element atau spirit, refleksnya sangat bagus dan indranya sangat tajam. Strigoi selalu membunuh manusia ketika meminum darahnya. Strigoi tidak di lahirkan tapi di bangkitkan, Moroi yg membunuh manusia ketika minum secara otomatis akan menjadi strigoi dan manusia atau dhampir yg si gigit strigoi kemudian diberi darah si penggigit secara otomatis jg akan menjadi strigoi. Strigoi sendiri sangat membenci moroi dan bertekad akan menghapus klan2 moroi. Secara fisik Strigoi itu kuat, dgn mata merah dan tidak berdenyut jantung. Intinya seperti vampire yg kita ketahui selama ini.

Dhampir adalah pengawal untuk para moroi, dhampir di latih untuk melindungi moroi dari strigoi. Mereka manusia setengah vampire. Dhampir terlahir dari perkawinan antara Moroi dgn manusia atau Moroi dgn dhampir. Dhampir seperti manusia, makan seperti manusia, tapi mempunyai reflek seperti strigoi yg kuat. Tidak bisa menguasai element atau spirit tapi pada dasarnya mereka inilah yg paling good looking. Fisik mereka bagus perpaduan moroi dan manusia serta reflek seperti strigoi tapi kebal terhadap apapun seperti manusia pada umumnya. Dhampir membutuhkan moroi karena sesama dhampir tidak akan bisa punya anak.

Feeder adalah sebutan bagi manusia yg menjadi makanan para moroi. Biasanya para feeder ini mengidap semacam ketergantungan dari endorphins. Yups seperti drug, gigitan moroi/strigoi konon lebih dasyat dari sex.

Blood Whores adalah sebutan bagi dhampir wanita yg dengan suka rela menjadi feeder karena ketergantungan pada endorphins tersebut.

Shadow – Kiss yaitu sebutan bagi dhampir/moroi yg dibangkitkan dari kematian oleh seorang moroi penguasa spirit healing sehingga membentuk ikatan bonded (apa ya terjemahannya?), intinya dhampir/shadow kiss itu bisa memasuki kepala, atau masuk dalam pikiran moroi yg mempunyai ikatan shadow kiss dengan nya sehingga bisa memantau segala hal yg di lakukan moroi dan menjaganya. Shadow kiss adalah penyeimbang kekuatan spirit si moroi.

Compulsion adalah kekuatan yg di miliki para moroi untuk mempengaruhi orang lain. Pada umumnya semua moroi bisa menguasai compulsion, tapi hanya sedikit moroi yg bisa menguasai super-compulsion (menguasai banyak orang sekaligus) dan biasanya mereka adalah moroi penguasa spirit yg berjumlah sedikit.

Molnija Tattoos adalah tato yg di buat di leher para dhampir setiap kali membunuh Strigoi, berbentuk X dan di buat berdasarkan jumlah stigoi yg di bunuh.

Bercerita Tentang

Vampire Academy mengambil sudut pandang seorang remaja berusia 17th bernama Rosemary Hathaway seorang murid yg bersekolah di St.Vladimir Academy sebagai seorang dhampir. Rose adalah sahabat sekaligus Shadow kiss dari Vasilissa Dragomirs keturunan terakhir dari klan Dragomirs oleh karena itu Lissa di panggil dgn sebutan Putri/princes. Selain karena Lissa keturunan terakhir klan, dia juga merupakan salah satu moroi yg bisa menguasai spirit. Kekuatan Lissa ada healing, dia pernah membawa kembali Rose dari kematian saat kecelakaan maut yg membunuh orang tua dan kakak laki-laki Lissa dan sebagai akibatnya dia menjadi shadow kiss bagi Lissa. Lissa juga seorang moroi yg menguasai super compulsion.

Intrik politik, perebutan kekuasaan antar sesama klan moroi dan perlindungan dari strigoi yg berkeyakinan ingin memberantas setiap klan moroi yg ada. Serta ancaman-ancaman bagi para penguasa spirit yg bisa dibilang tidak banyak membuat Rose beserta Lissa melarikan dari Academy dengan memanfaatkan kemampual compulsion Lissa. Hingga dua tahun dalam pelarian mereka, seorang dhampir berhasil melacak kebaradaan keduanya dan memaksa mereka kembali ke dalam Academy. Dhampir tersebut bernama Dimitri Belikov.

Absent selama dua tahun menyebabkan Rose mengalami kemunduran pelajaran tentang menjadi dhampir dan menempatkan dia menjalani masa pelatihan ekstra di bawah pengawasan langsung Belikov yg dingin dan selalu menjunjung peraturan. Oh ya, Rose itu bitch dia amat cantik, Ibunya seorang dhampir wanita keturunan Montana sementara ayahnya seorang Moroi Turki. Dengan rambut hitam, bibir penuh sensual dan kulit kecoklatan. Tak ayal dia selalu menjadi pusat perhatian para siswa di St.Vladimir dari moroi sampai para dhampir. Bisa di bilang Rose selalu mendapat perhatian dari lawan jenis. Tapi tidak Dimitri Belikov, Dia adalah dhampir berusia 24th yang berasal dari Rusia dengan segala macam aksen yg membuat Rose sebagai remaja tergila-gila padanya.

Seolah-olah masalah percintaannya terlarangnya dengan Dimitri belum cukup (sesama dhampir dianggap tabu berhubungan), para kalangan atas salah satunya Victor Daskov yg menginginkan kekuatan Lissa dalam berbagai cara jg mewarnai intrik novel ini, menyebabkan Rose harus selalu intensive menjaga Lissa bahkan dari teman-teman satu sekolah mereka yg merasa iri (khas cerita remaja Amerika). Cerita semakin seru ketika kemunculan Adrian Ivashkov seorang pangeran moroi yg playboy juga menguasai sprit (dia bisa memasuki mimpi orang lain dan melihat aura). Adrian secara terang-terangan menaruh hati pada Rose dan sempat membuat Dimka (Dimitri) kalang kabut dan kecurigaan Rose pada Adrian tentang kekuatan-kekutan spritnya. Intrik di tambah dengan penyerangan strigoi pada keluarga-keluarga klan moroi pada siang hari, sesuatu yg tidak mungkin karena strigoi tidak kebal terhadap matahari dan penyerangan academy oleh segerombolan Strigoi dan menghilangnya Dimitri saat evakuasi korban hingga bisa di pastikan Dimitri menjadi seorang strigoi.

Secara Ringkas :

Buku 1 Vampire Academy : penangkapan Rose dan Lissa dan kembalinya mereka ke academy, serta penghianatan Victor Daskov yg menginginkan kekuatan Lissa dan ketertatikan Rose pada instrukturnya, yg bagai buah terlarang bagi Dimitri

Buku 2 Frostbite : Pengalaman pertama Rose membunuh strigoi dan tato Molnija pertamanya, serta bagaimana Rose di hatui kematian sahabatnya Mason Ashfod yg menyelamatkannya. Serta kemunculan Adrian dan persetruan perasaannya dengan Dimitri.

Buku ke 3 Shadow Kiss : Perubahan-perubahan emosi Lissa yg meledak-ledak setiap kali melatih kekuatan spiritnya hingga aura Rose menyerap aura Lissa dan dia yg berubah meledak-ledak, gambaran dari hubungan shadow-kiss yg menyebabkan kegilaan. Akhir novel di tutup dengan penyerangan Academy oleh segerombolan strigoi dan hilangnya Dimitri dari proses evakuasi tahanan. Hingga di pastikan Dimka telah menjadi salah satu dari mereka.

Buku ke 4 Blood Promise : Janji yg tidak sengaja diucapkan Rose dan Dimka bahwa lebih baik mereka mati dgn sebenarnya dari pada harus menjadi strigoi menghantui Rose. Dimka sudah menjadi strigoi dan Rose berkewajiban membunuh Dimitri. Tapi mampukan dia?? Mampukah Rose membunuh orang yg sangat dicintainya? Dan harus meninggalkan Lissa sahabat sekaligus tanggung jawabnya demi memburu Dimitri?? Tapi janji tetap janji

Buku ke 5 Spirit Bound : Dimiti belum mati dan dia sudah mencicipi darah Rose, dia dapat mengejar Rose di manapun sekarang bahkan di balik gerbarbang Vladimir sekalipun. Buku ke 5 ebuk blm ada hiks, buku blm terbit hehehe

Buku 6 Rumor si tahun 2010 baru terbit…

Aku baru punya buku 1-3, buku ke 4 baru baca ebuk masih menunggu soft kopi dan buku ke 5 sementara menunggu ebuk yg beredar. Rumor yg beredar, License untuk VA sendiri sudah di beli Indonesia, tapi sepertinya bukan Gramedia yg memenangkannya. Kita tunggu saja bagian terjemahan dalam bahasa Indo. Jika ingin mengakses ebuk silakan log in http://www.lautanindonesia.com/forum/manca-negara/index-thread-and-e-book-of-mancanegara-(pulau-penulis)/ atau ingin terjemahan Vampire Indonesia buku 1 silakan akses ke http://vampire-academy.indonesianforum.net/forum.htm temen-temeku berbaik hati menerjemahkannya.

Hhmmm.. aku mengtakan VA 10x lipat lebih bagus dari TW karena disini yg dibahas bukan hanya sekedar cinta-cintaan, tp unsur persahabatan, politik, kekuasaan dan proses pendewasaan dari seorang Rose.

Advertisements

4 Comments

  1. noe noe said,

    February 20, 2010 at 2:57 am

    ies…masa tema bog km, sm pnyaku sama persis..mang kmu suka warna ijo juga ya…hahahaha [aku g sengaja milih yang kaya gitu lho] kwkwkwkw

    Ies : haahhahaha……. ini temen yg milih, aku jarang ngurusin tema [lol]

  2. goomse said,

    August 12, 2010 at 5:01 am

    banyak amat serinya +_+
    tebel2 ya? *curiga*

    Ies : cuma 6 kok. .dan ceritanya ngga kek twilight… bagus n seru banget
    terjemahan sudah sampe buku ke 2 jeng gom 😀 😀
    kaga tebel, biasa aja 😀

  3. Enoey said,

    August 26, 2010 at 5:02 am

    kapan yaaa buku 3 versi b. indonya terbit…rasanya kurang greget baca vers. english na 😀
    Mentranslate sendiri,,,capeeee,,,,hahahaha

    Ies : hahaha.. soon kayaknya deh, sabar aja jeng…
    coba ntar aku tanya sama yg nerjemahin 😀 😀

  4. Nina Agasthya said,

    January 28, 2011 at 6:52 am

    VA buku ke 6 sudah selesai aku baca…

    Cerita yang cukup seru dan sebenarnya bisa ditebak…. tapi teteeep bikin penasaran….
    The Last Sacrifice…. sacrifice seorang Rose Hathaway yang akhirnya bisa membuahkan kebahagiaan buat dirinya dan Lisa!

    Beli aja buku englishnya di Periplus harganya 99ribu aja…

    ies : iyaaa.. aku jg udah beli bukunya ni.. nitip sama temen kemaren pas paper cover nya keluar
    kita tunggu secuel nya ya, katanya si alchemist ni… 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: